Selasa, 21 Februari 2012

Sekilas Tentang Windows 8


Windows 8 merupakan varian baru yang merupakan kepanjangan versi dari windows 7. Windows 8 melakukan perubahan besar-besaran dari segi user interface dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya. Namun tidak hanya sebatas perubahan user interface saja, perubahan lain menyangkut fasilitas dan usabiliy turut serta dalam varian baru windows ini. Beberapa fasilitas baru pada Windows 8 antara lain:

Konsep Metro
Pernahkah anda melihat papan penunjuk jalan yang umum ada pada stasiun atau sudut-sudut tempat penting? Bayangkan jika papan penunjuk tersebut berada di dalam komputer anda sebagai fasilitas penunjuk aplikasi-aplikasi yang ada di dalam komputer anda? Begitulah konsep Metro itu terbentuk. Konsep metro sebenarnya bukanlah konsep yang benar-benar baru. Konsep tersebut sudah diaplikasikan pada Windows media center untuk Windows XP. 

Metro membuat desain OS Windows baik pada perangkat mobile, tab dan desktop bisa seragam. Tidak ada perbedaan berarti pada tampilan user interface. Metro sangat mereduksi penggunaan teks pada tampilan. Membuat diagram-diagram box dan membuat navigasi ke dalam sebuah program lebih mudah dilakukan dan dipahami bahkan oleh pengguna awam sekalipun.



File Copy
File copy pada Windows 8 mampu melakukan penghentian sementara (pause) pada setiap proses yang sedang berjalan. Proses ini memudahkan pengguna untuk secara leluasa dapat melakukan resume atau pause pada proses-proses pengkopian data apabila terjadi masalah. Konsep ini selain sudah ada pada transfer data internet, namun juga terdapat pada Dolphin dan Nautilus.

Integrasi Social Media
Kebutuhan berinteraksi lewat sosial media dirasa semakin perlu. Beberapa gadget pada Windows 7 misalnya, telah memberikan fitur-fitur integrasi dengan sosial media seperti twitter dan facebook. Beberapa sistem operasi lain seperti Linux Ubuntu dan bahkan Android juga telah melakukannya. Microsoft agaknya tidak mau ketinggalan dengan membuat aplikasi-aplikasi tersendiri untuk melakukan integrasi dengan social media seperti tweet@rama, photopicker dan socialite.

Mount ISO
Selama ini, windows membutuhkan software pihak ketiga seperti daemontool untuk membuka file-file dengan ekstensi .iso. Namun Windows 8 telah mempunyai kemampuan untuk mounting file iso secara tersendiri. Sehingga membuat manajemen file berekstensi iso menjadi jauh lebih mudah bagi pengguna.

Integrasi Cloud
Cloud computing seakan telah menjadi fasilitas wajib bagi sebuah perangkat komputer rumahan sekarang ini. Dengan fasilitas Azure, microsoft mencoba untuk mengintegrasikan fasilitas cloud computingnya ke dalam Windows 8. Space yang diberikan cukup besar yaitu 25 GB. Dengan kapasitas sebesar itu, diharapkan cukup untuk menyimpan dokumen-dokumen penting secara aman tanpa takut akan kehilangannya.
Windows to Go
Pengguna Linux pasti tidak asing dengan istilah Linux Live. Yaitu menjalankan sebuah sistem operasi Linux dari USB Flash maupun dari CD/DVD. Windows 8 tidak mau kalah dengan mengeluarkan fitur Windows to Go. Fitur ini memungkinkan sebuah sistem operasi Windows 8 untuk dijalankan dari USB maupun CD/DVD. Namun Microsoft sementara ini masih membatasi fasilitas ini hanya dapat digunakan oleh pengguna-pengguna dengan skala enterprise.

Tidak ada komentar: