Sabtu, 25 Februari 2012

Web Developer Tools


Pengembangan web sekarang bukanlah hal yang sulit. Dengan banyaknya referensi di internet serta banyaknya aplikasi yang dapat mendukung pembuatan sebuah web, sekarang membuat web bukanlah hal yang sulit dan menakutkan. Berikut ini adalah beberapa tools pembantu pengembangan sebuah web yang umum digunakan:

1. Notepad ++

Logo Notepad ++
Notepad++ dapat di download dari link ini
Notepad ++ adalah tools sederhana yang memadukan kenyamanan notepad (text editor berbasis windows) dengan kemampuan analisa dasar code bahasa pemrograman tertentu. Notepad ++ tidak hanya berguna untuk pengembang web saja, namun secara umum tools ini memang digunakan secara luas oleh para pengembang web. Tools ini mempunyai kelebihan antara lain: mudah untuk digunakan, ringan dan tidak membutuhkan space besar untuk instalasinya. 

Kelemahan notepad++ hanya satu, seseorang haruslah cukup mengerti, atau setidaknya cukup berpengalaman untuk 'coding' karena bantuan untuk seorang programmer cukuplah minim. Namun hal tersebut tidak mengurangi tingkat popularitas notepad++. Setiap developer, khususnya developer web akan sangat familiar jika ditanya tentang notepad++.



Adobe Dreamweaver
Logo Salah Satu Varian Dreamweaver 
Dreamweaver mungkin adalah salah satu web developer paling populer diantara web developer lain. Dahulu, pengembangannya dilakukan oleh Macromedia, namun sekarang telah diambil alih oleh Adobe Creative. Dreamweaver mempunyai fasilitas yang lengkap bagi seorang pengembang web, mulai dari fungsi html sederhana hingga beberapa varian php. Terdapat juga template sederhana yang memudahkan pengembang web untuk membentuk dasar web.

Selain beberapa hal diatas, dreamweaver masih mempunyai banyak kemudahan yang memanjakan developer. Fungsi autocomplete misalnya, memudahkan developer untuk menyelesaikan salinan code yang tengah ia kerjakan. Dan beberapa fungsi navigasi yang memudahkan developer untuk melakukan pengembangan web secara lebih lanjut. Terdapat juga integrasi-integrasi terhadap database, namun sebagian besar developer masih lebih suka menggunakan parameter buatan sendiri untuk integrasi database.

Artisteer

Artisteer sebenarnya adalah sebuah tools untuk merancang desain web untuk joomla, wordpress maupun berbagai CMS yang ada dipasaran. Namun artisteer dapat juga digunakan untuk merancang web secara umum. Artisteer mempunyai kemampuan banyak fasilitas yang menunjang pengembangan desain web. Pengambang bahkan tidak dituntut untuk benar-benar tahu bagaimana kode desain dari sebuah web (misal html maupun css), karena sebagian besar fungsi telah dibentuk dalam fasilitas 'drag and drop'

Walaupun artisteer mempunyai kemampuan luar biasa untuk desain sebuah web, namun akan lebih baik lagi jika penggunanya mengerti benar tentang bagaimana melakukan perubahan kode sebuah desain web. Hal tersebut membuat desain dan pembuatan web menjadi jauh lebih dinamis.

Aptana Studio

Aptana Studio adalah aplikasi IDE (Integrated Development Environment) gratisan alias freeware yang bisa digunakan untuk mendesain halaman web. Aptana Studio mendukung banyak sekali web app yang populer saat ini. Aplikasi ini tersedia versi yang bisa berjalan secara mandiri (stand-alone) dan versi plug-in untuk Eclipse.


Beberapa fitur dari Aptana Studio antara lain: membantu koding HTML, CSS, dan Javascript dengan "asisten", tersedia fitur Javascript debugging, mendukung berbagai pustaka Javascript seperti JQuery, Mootools, dan Tersedia live preview untuk melihat hasil desain kita.


Front Page


Front page dahulu diikutsertakan sebagai web developer beserta dengan microsoft office. Pengembangannya masih dilakukan hingga tahun 2003, namun setelah itu, pengembangan web developer dialihkan ke dalam visual studio. Beberapa orang masih menggunakan front page hingga saat ini, terutama pemula web developer karena mengganggap bahwa front page cukup mudah dan nyaman untuk digunakan.

FrontPage sangat hemat untuk urusan pembuatan website statis, yaitu website yang bersifat satu arah, tidak memiliki sarana komunikasi antara pengunjung dengan pemilik situs. Itu dikarenakan kemudahan dalam pemakaiannya, serta Anda tidak perlu dipusingkan dengan urusan pembuatan kode-kode HTML dalam mendesain sebuah website sebab FrontPage secara otomatis akan membuatnya.

Visual Studio


icrosoft Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

Meskipun tidak hanya ditujukan untuk pembuatan sebuah web, namun kemampuannya dalam membangun sebuah web tidaklah kalah dengan aplikasi lain. Disarankan untuk membangun web dengan berbasis teknologi microsoft seperti asp, aspx atau .net

MySQL Workbench

Database merupakan hal yang sangat diperlukan dalam pengembangan sebuah web. Semakin efektif dan baik database itu dibangun, maka web akan lebih baik dan terstruktur. Software yang dikembangkan oleh para developer MySQL ini menyediakan semua fasilitas yang kita butuhkan untuk merancang database.

Fitur utama yang disediakan oleh MySQL Workbench ada tiga macam, yaitu Data Modeling, SQL Development, dan Server Administration. Dua fitur terakhir merupakan pengganti dari MySQL Query Browser dan MySQL Administrator.

XAMPP

Untuk menjalankan sebuah web dalam koneksi lokal komputer anda, anda membutuhkan sebuah web server. Salah satu web server yang paling marak di gunakan saat ini adalah XAMPP. Web server ini sudah sekaligus membundling teknologi apache dan mysql sebagai databasenya.

Fungsinya adalah sebagai server web yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri atas program Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah digunakan yang dapat melayani tampilan halaman web yang dinamis. Dengan XAMPP anda dapat menjalankan berbagai jenis CMS misal : WordPress , Drupal , Joomla, OJS , SLiMS, WolfCMS, Prestashop, PHPBB dan lain lain


1 komentar:

Unknown mengatakan...

pengembangan web banyak bergantung dari pengetahuan IT dan kreatifitas pengembang, komentar juga ya ke blog saya www.goocap.com