Jumat, 11 November 2011

Perjuangan dan Kenangan Selama 4 Tahun

Tak terasa, kehidupan di kampus biru itu sudah terlewati selama lebih dari 4 tahun. Di sana, bertumpuk semua kenangan yang tidak akan pernah kulupakan sepanjang hidup. Suka duka serta susah senang yang akan terus menerus membekas di dalam hati. Mengalir bersama kehidupan yang terus berjalan, menjadi sebuah inspirasi dan tolak ukur. 


Waktu 4 tahun bukanlah masa yang singkat, namun ketika kita sudah melewatinya, semua itu terasa begitu luar biasa cepat. Masalah waktu itu memang terkadang relatif, tergantung dari apakah kita menikmatinya atau justru sebaliknya. Hal tersebut juga berlaku pada kehidupan, ketika kita menikmatinya, maka semua akan terasa berlalu begitu saja. Meninggalkan kenangan manis untuk diingat. 

Akhir perjalanan ini bukanlah sebuah puncak, namun hanya sebuah masa waktu di dalam kehidupan kita. Seperti kata Sir Wiston Churchill dalam sebuah pidatonya,"Now this is not the end. It is not even the beginning of the end. but it is, perhaps, the end of the beginning" saya juga bisa mengimplementasikannya dalam kehidupan ini, lebih tepatnya untuk menghadapi kelulusan saya dari kampus biru tercinta ini.


Syukuran kelulusan sebagian teman TI 07 tadi malam juga bukanlah sebuah akhir, bukan juga sebuah perpisahan. Hal itu semata sebagai wujud rasa syukur atas kemudahan yang di berikan Yang Maha Kuasa. Teman dan rekan semua, mungkin suatu saat di masa yang akan datang, kenangan-kenangan seperti inilah yang akan kita ingat. Kalian adalah sahabat, rekan, teman yang luar biasa.

Saat seperti inilah kita akan menapaki waktu ke depan. Menjadi sesuatu yang baru, menapaki tantangan yang baru atau bahkan benar-benar menjadi manusia yang baru. Semoga kita kelak menjadi manusia yang berguna. Bukan hanya untuk diri kita, namun untuk lingkungan, bangsa dan agama. Hal itu menjadi beban, sekaligus harapan yang ada di pundak kita.

Tidak ada komentar: