Minggu, 06 November 2011

Web Service Dengan NuSOAP

NuSOAP adalah sebuah library yang dibuat secara open source untuk membantu pembangunan sebuah infrastruktur web service. Terdapat 3 unsur utama yang berguna dalam pembangunan web service dengan berbasis NuSOAP, tiga unsur tersebut antara lain :
Web Service Dengan NuSOAP (SOAP Pada Umumnya)
XML, xml merupakan basis metalanguage yang digunakan untuk membangun web service. XML secara luas digunakan dalam pembangunan web service karena kamudahannya dalam interaksi antara machine to machine communication serta mudah dipahami oleh manusia pada umumnya.

WSDL, web service definition language merupakan standar yang digunakan untuk interaksi web service dengan sebuah sistem. WSDL dibangun dengan berdasarkan pada konsep XML dan mempunyai beberapa tag informasi antara lain definition, type, message, portType, binding dan service. Masing-masing tag informasi tersebut mempunyai fungsi. Penjelasan lengkap mengenai fungsi masing-masing tag dan fungsi WSDL secara umum akan dijelaskan pada pembahasan tersendiri.

SOAP, simple object access protocol adalah sebuah protokol standar yang digunakan untuk komunikasi data dalam web service. Memang SOAP bukan merupakan satu-satunya protokol, terdapat beberapa protokol lain yang memungkinkan komunikasi dengan web service seperti REST (yang terbaru). 


Ketiga hal diatas merupakan dasar sistem yang berguna untuk membangun sebuah sistem web service. Dengan menggunakan NuSOAP, unsur-unsur tersebut tidak perlu dibangun dari awal. Hanya perlu beberapa penyesuaian dan konfigurasi untuk membangun sistem web service agar dapat digunakan dengan baik. Untuk membangun sebuah web service dengan menggunakan NuSOAP beberapa langkah yang diperlukan antara lain:

Instalasi NuSOAP, NuSOAP adalah kumpulan library dalam bentuk PHP. PHP mempunyai kelebihan antara lain, mudahnya diimplementasikan dalam sebuah server. Hampir semua server di dunia ini mampu diimplementasikan dengan menggunakan sistem berbasis PHP. Tempatkan library NuSOAP dalam sistem server yang akan dibangun sebuah sistem web service. Jangan lupa untuk melakukan ekstraksi data apabila NuSOAP masih berbentuk .rar.

Bangun sistem database dan sistem penunjang web service, web service bukanlah sebuah sistem utama, dia hanya berfungsi sebagai jembatan penghubung antar sistem yang sudah ada atau sistem baru yang membutuhkan interaksi satu sama lainnya. Pembangunan sistem database menjadi dasar dari pembentukan sistem dan tempat data diimplementasikan. Kemudian setelah database dibangun dengan baik, interaksi sistem selanjutnya akan dilakukan oleh web service.

Bangun sistem server pusat dan aplikasi client, setelah kedua langkah diatas selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah membangun aplikasi server pusat (berfungsi untuk melakukan manajemen data di server pusat) serta aplikasi client (yang digunakan untuk mengkonsumsi data yang berada di dalam server). Aplikasi client ini bisa berbentuk aplikasi web, aplikasi desktop bahkan aplikasi mobile.
Pemasangan aplikasi pada server yang sesungguhnya, pemasangan aplikasi ke dalam server yang sesungguhnya adalah langkah terakhir dalam pembuatan web service.

Tidak ada komentar: