Rabu, 02 Desember 2020

Bagaimana Cara Membuat Upload Video Youtube Lebih Jernih

Mungkin bagi para youtuber, atau orang-orang yang sekedar menggunakan Youtube untuk upload kegiatan sehari-hari. Anda mungkin menemui kalau kadang video yang anda upload kualitasnya jauh lebih jelek daripada video yang ada di handphone atau komputer anda. Hal itu wajar, karena youtube menerapkan algoritma yang mengkompresi file yang anda upload.

6 Aplikasi untuk Download Video YouTube - Pewarta Indonesia

Algoritma itu bertujuan untuk membuat video yang kita upload lebih kecil ukurannya di server youtube. Dengan begitu, youtube bisa menyimpan lebih banyak video di server mereka. Secara, puluhan atau mungkin ratusan TB video di upload ke youtube setiap jam-nya. Mungkin malah lebih dari itu.

Nah, algoritma ini kadang tidak berlaku bagi para youtuber yang cukup besar. Mengapa? Karena merekalah yang menghasilkan uang untuk youtube. Jadi bagaimana cara membuat kualitas video youtube anda agar sama dengan para youtuber profesional ini?

 

Pertama, ya anda harus punya video yang cukup bagus dulu. Jangan blur dan jangan getar-getar. Kalau rekam pakai hp, usahakan beli juga gimbal (stabilizer). Atau kalau perlu pakai kamera stabilizer seperti DJI Osmo Pocket.

Kedua, jika sudah punya rekaman yang bagus, pastikan ia mempunyai resolusi QHD atau Full HD. Dan ini minimal ya, lebih besar lebih baik lagi. QHD atau Full HD adalah 2560x1440 pixel. Memang bisa sih rekaman HP, Kamera, atau Drone dibuat sebesar itu, tapi biasanya makan space banyak. Nah, olah aja resolusi sebesar itu via Kinemaster atau Adobe Premier atau Davichi Resolve. Untuk apa ini?

Contoh ganti resolusi di Adobe Premier

Sekarang coba masuk ke youtube dan cari salah satu video youtuber profesional. Klik salah satu video mereka dan kemudian klik kanan video tersebut, klik bagian stats for nerds.

 

 

Perhatikan, di situ ada codecs vp09, codec itulah yang akan kita kejar. Sampai saat ini, youtube secara otomatis akan memberikan codec vp09 untuk video dengan resolusi 2560x1440 ke atas. Coba check video-video yang anda upload. Jika codec anda masih avc1. Wajar saja kalau banyak blur-nya.

Tidak ada komentar: