Selasa, 01 Desember 2020

Covid-19 Berkah dan Musibah

Lama rasanya tidak menulis di blog ini, mungkin sudah terbengkalai bertahun-tahun. Sempat saya copas sebuah tulisan dari blog lain. Tapi tulisan itu tidak lebih hanya sebuah iseng saja. Sebuah review tempat menginap di Yogyakarta.


Tahun 2020, tahun yang begitu rumit bagi sebagian besar orang. Di tahun ini, pandemi besar melanda dunia. Jutaan orang terkena virus Covid-19 dalam skala yang tidak pernah dilihat oleh umat manusia setelah kejadian Virus Flu Spanyol di tahun 1920. 

Ribuan korporasi baik besar maupun kecil harus gulung tikar. Atau setidaknya berhenti berusaha dalam waktu yang tidak pernah kita ketahui sampai kapan. Vaksin yang ditunggu-tunggu akan menjadi penolong masih simpang siur beritanya. Sementara itu korban tiap hari berjatuhan dalam jumlah ribuan. 

Namun benar apa kata pepatah, di balik sebuah musibah pasti ada hikmah. Ada yang menemukan hobby dan bakat tersembunyi selama ia melakukan karantina. Ada yang membangun peluang usaha yang baru. Ada juga orang yang menjadi lebih dekat dan religius dibandingkan dengan sebelumnya.

Saya sendiri mendapatkan hobby baru di sebuah platform internet. Dan meskipun itu tidak (belum) menghasilkan, tapi cukup untuk mengisi waktu luang yang selama ini barangkali terbuang sia-sia. Tapi satu hal lagi yang menurut saya berkah bagi saya. Orang-orang menjadi rajin memakai masker. 

Jujur saja, bagi orang yang punya alergi pernafasan seperti saya ini. Memakai masker di luar rumah adalah sebuah hal yang sangat perlu. Karena kita tidak tahu debu dan bakteri apa yang ada di luar sana. Dan melihat semua orang sekarang memakai masker, sayapun sedikit gembira. Karena kesehatan sayapun cukup terjaga justru di masa pandemi. Kecuali di sebuah momen di awal tahun ini.

Dunia mungkin akan pulih dan kembali ke keadaan sedia kala. Tapi saya harap kebiasaan bagus yang sudah dibangun di masa-masa sulit ini akan tetap terjaga. Semoga semua orang terlindungi dari virus dan pandemi ini dapat cepat selesai.

Mungkin cukup untuk tulisan ini, karena ini adalah sekedar comeback tulisan setelah lama vakum dari dunia per-bloggeran. Apakah nanti bisa keep-up untuk terus menulis? Well entahlah. Semoga saja.

Oh ya, ada sedikit video tentang kondisi covid di Eropa Tenggara atau wilayah yang sering kita sebut sebagai Balkan.


 

Semoga bisa menjadi pembanding bagaimana perkembangan covid-19 di luar Indonesia.


Tidak ada komentar: